Selasa, 18 November 2014

Toilet Training when raffa 23 months

Hai... wahh ga sabar untuk pengumuman ni, hihih.. hari ini dengan mood yang baik dan semangat yang menggebu-gebu, aku memulai toilet training untuk Raffa. Sebenernya dasarnya iseng, tapi tujuan dibalik itu yang utama agar Raffa mulai bisa mengerti apa yang diarahkan atau diajarkan ortunya, bisa mulai melepas diapernya dan irit diaper juga. hehe..Dari hati sudah niat banget, pokoknya apapun yang terjadi dalam hal ini ompol dimana-mana harus tetap semangat!!!..

Oke, cara pertama yang aku lakukan pertama, aku harus mengetahui berapa lama sekali waktu buang air kecil, kemudian aku melihat jarum jam, lalu aku ajak dia untuk buang air kecil dikamar mandi. setelah itu aku patok 1 jam. Oke beres, tinggal tunggu selama 1 jam. Ooww... tiba-tiba 26 menit kemudian tepatnya...currr... hiks... celananya basahh (aku tidak pakai training pants).. Huff huff... tenang.. karena sudah niat, jadi harus maju terus pantang mundur. Yah ambil gampangnya saja, tinggal ambil lap beres deh.. Kedua, setelah mengetahui berapa lama anakku buang air kecil, aku kurangi jangka waktunya jadi 25 menit. Ketiga, aku tidak bosan-bosannya menyampaikan ke anakku " Raffa, tadi basah ya celananya. ihhh ga enak yah celananya basah-basahan. Nanti kalau Raffa mau pipis.. di kamar mandi yaa.. bilang mama ya kalau Raffa mau pipis.. jangan dicelana ya.. nanti basah" selalu aku mencuri waktu saat anakku memperhatikanku. Dan di menit ke 25 itu aku berhasil mengajak Raffa buang air kecil di kamar mandi.

Kemudian aku mematok lagi di 25 menit, dan berikutnya sejam. kenapa jadi sejam? karena ternyata saat buang air ke tiga setelah anakku minum banyak durasi buang air kecilnya lebih lama. jadi patokan waktu untukku adalah 25 25 30 tapi kembali lagi tergantung juga dengan banyaknya air yang dia minum dan juga suhu (saat ini suhu di luar rumah sekitar 6 derajat, dan mungkin di dalam ruangan sekitar belasan derajat.. jadi dingin.. bikin cepet buang air kecil).

hmmh... semoga awal yang baik ini menghasilkan akhir yang baik juga. semoga sukses....!!! dan semoga tetap semangat pastinya ^_^....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar