Selasa, 18 November 2014

Toilet Training... Berhasil!!!

Membahas toilet training sebenarnya cukup membuat aku kepikiran "duhh bisa ga ya aku melatih raffa supaya bisa buang air kecil di kamar mandi?? kapan dia bisa?? cara yang tepat melatihnya gimana ya?" arggghhh... benar-benar peer banget. Apalagi aku termasuk orang yang angin-anginan, kalau lagi rajin dan telaten bakal semangat 45' deh bujuk-bujuk dan bawa Raffa ke kamar mandi untuk buang air kecil. Tapi klo lagi keluar malesnya, ya udah tinggal ambil enaknya lah dari pagi sampe ketemu pagi lagi pakai diaper terus.

Sejak Raffa umur 1 tahun 9 bulan sebenarnya sudah mulai aku ajarkan toilet training dalam hal buang air kecil, karena untuk buang air besar memang sudah diajarkan sejak dia berusia 1 tahun 5 bulan dan setiap roman-romannya mau BAB (Buang Air Besar) langsung deh aku terus ajak ke toilet. Tapi kadang saat-saat tertentu seperti dia sedang susah BAB, karena kasian harus duduk berjam-jam di toilet sampai bercucuran keringat aku biarkan dia langsung di diaper *gatega*. Balik lagi ke buang air kecil,hehe.. Raffa sudah aku ajarkan sejak masuk usia 1 tahun 9 bulan. Mengambil cara dari kakak iparku dengan mematok waktu, yang ceritanya bisa lihat disini. Tapi ga lama mulai mengendor lagi deh semangatku dan lagi-lagi balik pakai diaper. Begitu seterusnya...

Hingga alhamdulillah sampai saat ini tercatat di usia Raffa yang ke 2 tahun 6 bulan, alhamdulillah..... banget. selama 3 hari sebelumnya berturut-turut pakai celana dalam dari pagi sampai sore dan pastinya dengan kebobolan ngucur-ngucur. Sekarang Raffa sudah bisa bilang kalau mau buang air kecil "mah..kamar mandi maa..." ternyata oh ternyata dia sudah bisa merasakan dan mengerti yang mamanya bilang "Raffa.. kalau pipis di kamar mandi ya... kalau pipis di celana nanti basah..." Akhirnya Raffa bisa.. walaupun kalau tidur malam masih tetep aku pakaikan diaper, masih takut... takut aku ga bangun dan ngompol deh si Raffa.

Wah.. senang rasanya melihat perkembangan anakku sampai saat ini. Semoga makin hari makin tambah pintar dan cerdas ya Raffa.. dan Soleh tentunya. Aamiin...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar